Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII H SMPN 5 Semarang
Keywords:
Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Cahaya dan Alat Optik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains melalui model discovery learning pada materi cahaya dan alat optik siswa kelas VIII H SMPN 5 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data hasil keterampilan proses sains dilakukan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Aspek keterampilan proses sains yang diukur dalam penelitian ini yaitu keterampilan observasi, membuat hipotesis, menyimpulkan, mengomunikasikan, mengklasifikasi, dan interpretasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan proses sains mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains pada siklus 1 yaitu 69,49 dan nilai rata-rata keterampilan proses sains pada siklus 2 yaitu 84,65. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.