Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMPN 11 Semarang Melalui Problem-Based Learning Berbasis Stem pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Elfa Mayuha PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Heru Damayanti SMP Negeri 11 Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan Komunikasi; Problem-based Learning; Pembelajaran IPA; STEM.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa kelas VIII di SMPN 11 Semarang pada pelajaran IPA melalui model pembelajaran Problembased Learning berbasis STEM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Metode yang digunakan adalah observasi dengan teknik pengambilan data mengunakan instrumen lembar observasi keterampilan komunikasi lisan dan lembar observasi keterampilan komunikasi tulisan. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan indikator keberhasilan penelitian berupa peningkatan rata-rata keterampilan komunikasi siswa pada setiap siklus pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan komunikasi lisan meningkat dari siklus I sampai siklus III berturut-turut dari kategori cukup baik-baik-sangat baik dengan N-gain pada kategori sedang. Keterampilan komunikasi lisan meningkat dari siklus I sampai siklus III berturut-turut dari kategori cukup baik-baik-baik, dengan N-gain pada kategori rendah hingga sedang. Implementasi model Problem-Based Learning berbasis STEM pada pembelajaran IPA kelas VIII SMPN 11 Semarang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa baik lisan maupun tulisan secara bertahap.

Downloads

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles