Optimalisasi Minat Belajar Siswa dengan Model Number Head Together dan Simulasi PhET Cahaya-Alat Optik
Keywords:
Minat Belajar Siswa, Number Head Together, PhET, Cahaya, Alat Optik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang dalam materi Cahaya dan Alat Optik melalui penerapan Pendekatan Model Number Head Together (NHT) berbantuan simulasi PhET. Minat belajar siswa diidentifikasi sebagai faktor kritis dalam pemahaman konsep fisika. Dalam pendekatan ini, siswa terlibat secara interaktif dengan simulasi PhET, meningkatkan partisipasi dan keterlibatan mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam sebagian besar aspek minat belajar siswa, termasuk kegemaran siswa, daya tarik soal-soal, dan penikmatan waktu saat belajar. Meskipun terdapat penurunan pada beberapa aspek, seperti tingkat kesulitan materi dan daya tarik media pembelajaran, namun masih berada dalam kategori dapat diterima. Rekapitulasi data respon angket minat belajar siswa menunjukkan peningkatan rata-rata dari 77% pada Siklus 1 menjadi 81.35% pada Siklus 2. Hasil analisis data respon angket menunjukkan bahwa kegemaran siswa dalam mempelajari materi Cahaya dan Alat Optik meningkat dari 100% menjadi 91.60%, tetapi tetap berada pada kategori "Sangat Tinggi". Daya tarik soal-soal juga mengalami penurunan dari 100% menjadi 95.80%, dengan kategori tetap "Sangat Tinggi". Meskipun tingkat kesulitan materi mengalami penurunan, pemahaman konsep siswa secara keseluruhan meningkat dari 77% menjadi 81.35%. Perubahan positif terlihat pada sebagian besar aspek penilaian, mencerminkan peningkatan pemahaman konsep siswa setelah penerapan pendekatan NHT berbantuan simulasi PhET.