Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis TaRL pada Pembelajaran IPA Kelas VIII
Keywords:
Elvira, Soimatussa’diyah, Novi Ratna Dewi; Discovery Learning; Hasil Belajar; TaRL.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik melalui model Discovery Learning berbasis TaRl (Teaching at The Right level) pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil belajar pada materi sebelumnya sebanyak 70% peserta didik belum memenuhi KKTP yang ditentukan. Hal tersebut didukung dengan hasil pretest sebanyak 15 % peserta didik yang lulus KKTP, serta sebagian dari peserta didik cenderung pasif dalam mengemukakan pendapatnya. Hal tersebut disebabkan pemberian materi yang kurang sesuai dengan level kognitif peserta didik. Selain itu tanggung jawab peserta didik dalam kegiatan diskusi kelompok belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis TaRL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 13 Semarang Tahun 2024/2025 dengan 32 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari nilai pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan data analisis N-Gain terhadap peningkatan hasil belajar kognitif diperoleh data peningkatan pada siklus 1 sebesar 0.65 dengan kriteria sedang dan siklus 2 sebesar 0.70 dengan kriteria tinggi. Ketuntasan belajar klasikal siklus 1 sebanyak 96.88% peserta didik mencapai KKTP dan siklus 2 sebanyak 96. 88% peserta didik mencapai KKTP. Berdasarkan hasil observasi terhadap aspek afektif sikap tanggung jawab peserta didik sebesar 75% bertanggung jawab dengan sangat baik, 25% peserta didik bertanggung jawab dengan baik pada siklus 1 dan sebesar 84.38% bertanggung jawab dengan sangat baik dan 15.62% bertanggung jawab dengan baik pada siklus 2. Analisis hasil observasi aspek psikomotorik menunjukan 81.3% memiliki kemampuan presentasi yang sangat baik, 18.7% memiliki kemampuan presentasi yang baik pada siklus 1 dan 84.4% memiliki kemampuan presentasi sangat baik, 15.6% memiliki kemampuan presentasi yang baik pada siklus 2. Berdasarkan hasil analisis dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning berbasis TaRL meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII F SMP N 13 Semarang.