Peningkatan Penguasaan Konsep Melalui Model (Reading, Mind Mapping and Sharing) pada Siswa Kelas IX SMPN 17 Semarang
Keywords:
Penguasaan Konsep; RMS (Reading, Mind Mapping And Sharing); Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Abstract
Penguasaan konsep menjadi kemampuan awal bagi siswa guna memahami suatu pengetahuan dengan baik dan benar. Siswa kelas IX F SMPN 17 Semarang memiliki penguasaan konsep yang masih kurang pada materi sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran sains, khususnya pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup melalui penerapan model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 29 siswa kelas IX F SMP Negeri 17 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Data diperoleh dari hasil tes penguasaan konsep pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan dari Pra Siklus ke Siklus I dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,305 dan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 0,34. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.