Penerapan TGT Melalui Media Quizizz di Kelas VII-B SMPN 42 Semarang untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik

Authors

  • Teguh Prayitno Universitas Negeri Semarang
  • Indarto Indarto SMP Negeri 42 Semarang
  • Endah Peniati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keaktifan belajar, TGT, Quizizz.

Abstract

Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 42 pada mata pelajaran IPA karena keaktifan peserta didik yang rendah. Bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan Quizizz dengan pendekatan Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus pengamatan, data keaktifan peserta didik dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keaktifan peserta didik dari pra siklus hingga siklus II. Persentase rata-rata keaktifan belajar meningkat dari 44,5% pada pra siklus, menjadi 66,9% pada siklus I, dan mencapai 85,1% pada siklus II. Hal ini menegaskan bahwa kombinasi Model Pembelajaran TGT dan media Quizizz efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles