Analisis Keterampilan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Praktikum Kelas VIII SMPN 1 Semarang
Keywords:
IPA, Kreativitas, Model pembelajaran discovery learning berbasis praktikum, Zat Aditif dan Adiktif.Abstract
Penelitian ini menginvestigasi penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran IPA di SMPN 1 Semarang. Dengan penggunaan model tersebut, hasil observasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan kreativitas peserta didik dari siklus I hingga siklus II. Dalam siklus pertama, keterampilan kreativitas dinilai cukup baik dengan persentase 72%, sementara pada siklus kedua meningkat menjadi 84%, menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Model pembelajaran ini terbukti berhasil meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif peserta didik, terutama dalam dimensi Berpikir secara Kreatif dan Bekerja secara Kreatif dengan Orang lain. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penerapan pembelajaran berbasis praktikum dalam meningkatkan keterampilan kreativitas peserta didik dalam konteks pembelajaran IPA di tingkat SMP, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan peserta didik.