Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 15 Semarang Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya Melalui Stem Berbasis Socio Scientific Issue

Authors

  • Fikri Ahmad Kamal Universitas Negeri Semarang
  • Tri Naluri SMP Negeri 15 Semarang
  • Arif Widiyatmoko Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Literasi Sains; Socio Scientific Issue; STEM.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains peserta didik yang diterapkan dengan pendekatan STEM berbasis socio-scientific issue pada materi struktur bumi dan perkembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Sampel penelitian ini peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 15 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 34 peserta didik dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sumber dan metode pengambilan data meliputi: observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, rumus persentase, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik dari rata-rata nilai N-gain sebesar 0,10 (kategori rendah) pada siklus 1 menjadi 0,84 (kategori tinggi) pada siklus 2. Berdasarkan hasil posttest siklus 2 sebanyak 34 peserta didik atau 100% peserta didik telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik terlihat pada indikator pengetahuan sains, penyelidikan hakikat sains, sains sebagai cara berpikir, dan interaksi sains dan teknologi.

Downloads

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles