Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Metode Praktikum Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 15 Semarang
Keywords:
Keterampilan Kolaborasi; Metode Praktikum Sederhana; Model Problem Based Learning; Penelitian Tindakan Kelas.Abstract
Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang perlu dikembangkan kepada peserta didik pada semua mata pelajaran termasuk dalam pembelajaran IPA agar nantinya siap menghadapi segala tuntutan perkembangan zaman. Salah satu keterampilan yang diperlukan di abad 21 ini menurut Partnership for 21st Century Skills yaitu keterampilan kolaborasi. Namun, dilihat dari hasil observasi awal di kelas VIII C diketahui bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik masih belum berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat karena kelas tersebut didominasi oleh peserta didik bergaya belajar kinestetik. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas VIII C SMP Negeri 15 Semarang melalui penerapan model Problem Based Learning berbasis metode praktikum sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan menurut Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan selama 2 siklus. Tahapan penelitian pada setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C sebanyak 33 anak. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik terjadi peningkatan dari prasiklus dengan persentase 34,75% menjadi 59,94% di siklus 1 dengan nilai N-gain sebesar 0,39 dalam kategori sedang. Peningkatan juga terjadi setelah siklus 2 yang memiliki persentase 77,56% dengan nilai N-gain sebesar 0,44 dalam kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis metode praktikum sederhana dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 15 Semarang.