Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Aktivitas Bercerita dan Pemanfaatan Media Kahoot pada Kelas VIII-J SMPN 3 Semarang

Authors

  • Yoan Fredyanto Universitas Negeri Semarang
  • Herdijanti Herdijanti SMP Negeri 3 Semarang
  • Endah Peniati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

bercerita; kahoot; keaktifaan peserta didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan aktivitas bercerita dan pemanfaatan media Kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian peserta didik kelas khusus olahraga VIII J SMP Negeri 3 Semarang sebanyak 24 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, dimana setiap siklus 2 kali pertemuan dalam satu rangkaian kegiatan pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I dengan jumlah 17 peserta didik yang hadir diperoleh keaktifan dengan rata-rata 49% dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus II dengan total 15 peserta didik yang hadir diperoleh keaktifan dengan rata-rata 58% dengan kategori cukup. Kemudian pada siklus III dengan total 17 peserta didik yang hadir diperolah keaktifan dengan rata-rata 76% dengan kategori tinggi. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aktivitas bercerita dan pemanfaatan media Kahoot dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles