Bahan Ajar Berbasis REACT untuk Mengembangkan Karakter Diri Siswa dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII

Authors

  • Trimiyanti Trimiyanti Universitas Negeri Semarang
  • Achmad Sopyan Universitas Negeri Semarang
  • Ian Yulianti Universitas Negeri Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Sukimin Sukimin SMP Negeri 41 Semarang

Keywords:

Bahan ajar; Karakter diri; REACT.

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bahan ajar berbasis REACT, dan menganalisis perkembangan karakter diri siswa. Metode penelitian menggunakan metode Reseach and Development. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Subyek penilitian sebanyak 32 siswa SMP kelas VIII. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bahan ajar berbasis REACT layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan langkah-langkah pendekatan model pembelajaran REACT untuk mengembangkan karakter diri siswa. (2) Bahan ajar berbasis REACT layak digunakan dengan persentase kelayakan 80,67%. (3) Tingkat keterbacaan bahan ajar 87,50%. (4) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis REACT sebesar 0,61 dengan kriteria sedang.(5) Peningkatan perkembangan karakter diri siswa seletah menggunakan bahan ajar berbasis REACT denga kriteria rata-rata gain sedang.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles