Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level dalam Pembelajaran IPA Kelas VII
Keywords:
Keterampilan Kolaborasi; Pendekatan Teaching at The Right Level; Pembelajaran IPA.Abstract
Keterampilan kolaborasi dalam dunia pendidikan sangat penting dimiliki oleh siswa sebagai bagian dari pengembangan keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi melalui pendekatan Teaching at The Right Level dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMPN 40 Semarang sebanyak 33 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket keterampilan kolaborasi berupa selfassessment (penilaian diri) dan peer-assessment (penilaian teman sejawat). Pelaksanaan penelitian dibagi menjadi 1 kali pra-siklus dan 2 kali siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatannya dapat diketahui melalui perubahan hasil rata-rata kelas pada siklus 1 dan siklus 2, yaitu hasil rata-rata kelas dari angket self-assessment sebesar 74,32% pada siklus 1 menjadi 81,14% pada siklus 2 dan rata-rata kelas dari angket peer-assessment sebesar 75,15% pada siklus 1 menjadi 86,06% pada siklus 2.