Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VII E SMP Negeri 21 Semarang
Keywords:
Keterampilan Kolaborasi; Pendekatan Jelajah Alam Sekitar; Tantangan Abad 21.Abstract
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan abad ke-21 adalah keterampilan kolaborasi. Proses pembelajaran tidak hanya dilakukan untuk mengembangkan pengetahuan kognitif, melainkan perlu diorientasikan agar siswa memiliki keterampilan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan menerapkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada pembelajaran IPA di kelas VII E SMP N 21 Semarang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan lembar observasi pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Pada penelitian ini, indikator keterampilan kolaborasi yang diamati terdiri dari 4 aspek yaitu kerjasama, saling menghormati, partisipasi, serta komunikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan kolaborasi pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 50,37% dengan kategori kurang. Pada siklus I siklus diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 63,79% dengan kategori sedang dan terdapat peningkatan sebesar 13,42%. Adapun pada siklus II diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 78,68% dengan kategori baik dan terdapat peningkatan sebesar 14,89% dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VII E SMP N 21 Semarang.