Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII B SMP Negeri 15 Semarang
Keywords:
Discovery Learning; Hasil Belajar; Kognitif; Kolaborasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di kelas VII B SMP Negeri 15 Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 34 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber dan metode pengambilan data meliputi observasi dan tes tertulis. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, rumus persentase, dan uji normalisasi gain (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 0,4 (kategori sedang) menjadi sebesar 0,5 (kategori sedang) pada siklus 2 dan hasil belajar kognitif peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 0,5 (kategori sedang) menjadi 0,6 (kategori sedang) pada siklus 2 dengan hasil lebih baik dari siklus 1. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII B SMP Negeri 15 Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024.