Peningkatan Keaktifan Peserta didik kelas VII B SMP N 6 Semarang Melalui Model Guide-Context Problem Based Learning

Authors

  • Azimatul Khusniah Universitas Negeri Semarang
  • Budiastuti Budiastuti SMPN 6 Semarang

Keywords:

Model Guide Context-PBL, Keaktifan, Peningkatan.

Abstract

Berdasarkan hasil analisis lembar observasi pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas VII B SMP N 6, diperoleh persentase keaktifan peserta didik pada indikator bertanya dan menyajikan data di dapatkan hasil yang tergolong rendah. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket. Hasil peningkatan keaktifan dilihat dari lembar observasi pada saat pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan tiap indikator keaktifan peserta didik. Rata-rata peningkatan keaktifan peserta didik yaitu sebesar 11,04%. Komponen dari peningkatan keaktifan tersebut terlihat dari partisipasi aktif peserta didik dalam diskusi, pemecahan masalah, dan penerapan konsep dalam konteks nyata. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model Guide Context-PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi ekologi.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles