Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas IXE SMPN 5 Semarang Melalui Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Gallery Walk
Keywords:
Kolaborasi; PjBL; gallery walk.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa kelas IXE SMPN 5 Semarang melalui model pembelajaran PjBL berbantuan gallery walk. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian kelas IXE yang berjumlah 33 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu weak experimental design dengan desain penelitian yaitu the one-shot case study. Prosedur penelitian tindakan kelas mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang sifatnya siklus. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah daya kualitatif dari haril observasi kemampuan kolaborasi siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata kolaborasi siswa sebesar 12,62% yang mana pada pra siklus diperoleh skor sebesar 38,52% dengan kategori kurang dan siklus I sebesar 51,14% dengan kategori cukup. Kemudian dilanjutkan dengan siklus berikutnya yang mana diperoleh skor sebesar 77,96% dengan kategori baik. Sehingga pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan kemampuan kolaborasi sebesar 26,82%.