Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII-D SMP Negeri 19 Semarang

Authors

  • Inas Kurniasih Universitas Negeri Semarang
  • Rr Sulistyorini SMP Negeri 19 Semarang
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

TaRL; Partisipasi belajar; Pembelajaran IPA.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada pembelajaran IPA terhadap peningkatan partisipasi belajar peserta didik saat belajar materi Ekologi dan Keanekargaman Hayati. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-D SMP Negeri 19 Semarang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 33 orang peserta didik. Penelitian ini selesai pada siklus kedua menggunakan prosedur penelitian reflektif yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data partisipasi belajar peserta didik selama penelitian berlangsung utamanya diperoleh melalui observasi kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Nilai keberhasilan penelitian ini adalah apabila terdapat peningkatan rata-rata partisipasi belajar peserta didik untuk setiap indikator pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata partisipasi belajar peserta didik sebesar 81,21%, dengan kategori Baik. Hasil tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,24% dari data awal yang diambil pada fase pra-siklus. Langkah penelitian dilanjutkan pada siklus II karena pada siklus I belum mencapai ketuntasan klasikal kelas yang ditentukan (85%). Rata-rata partisipasi belajar peserta didik kembali mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 86,06% dengan kategori Baik dan ketuntasan klasikal telah mencapai angka 87,87%. Dengan hasil demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan TaRL dapat meningkatkan partisipasi belajar peserta didik di kelas VII-D SMP Negeri 19 Semarang pada pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles