Peningkatan Motivasi Belajar IPA melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 22 Semarang
Keywords:
IPA, Jelajah Alam Sekitar, Motivasi Belajar, Pendekatan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA melalui pendekatan Jelajah Alam SekitarSubjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 22 Semarang yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini diterapkan pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan angket motivasi belajar IPA siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA siswa selama 2 siklus. Pada pratindakan diketahui presentase motivasi belajar IPA siswa dalam kategori sangat kurang (49,24%). Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi kategori cukup (71,03%) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (80,37%). Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Jelajah Alam Sekitar dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa.