Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Phet pada Pembelajaran IPA Kelas VIII I SMPN 5 Semarang
Keywords:
Inkuiri; Sikap Ilmiah; Phet.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas VIII I SMP Negeri 5 Semarang. subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 5 Semarang yang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh melalalui teknik non tes yaitu dengan menggunakan lembar observasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil sikap ilmiah siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari pra siklus 39% meningkat di siklus I sebesar 56%, dan pada siklus II 63% yang berada dalam kategori kurang menjadi cukup pada siklus I dan meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Jika ditinjau dari masing-masing indicator juga terdapat peningkatan yaitu pada indicator rasa ingin tahu pada pra siklus sebesar 40% meningkat di siklus I sebesar 56% pada siklus II menjadi 61%, pada indicator kritis pada pra siklus sebesar 35% meningkat di siklus I sebesar 55% pada siklus II menjadi 64%, pada indicator jujur pada pra siklus sebesar 37% meningkat di siklus I sebesar 57% pada siklus II menjadi 60%, pada indicator disiplin pada pra siklus sebesar 45% meningkat di siklus I sebesar 54% pada siklus II menjadi 62%, pada indicator kerja sama pada pra siklus sebesar 39% meningkat di siklus I sebesar 57% pada siklus II menjadi 67%