Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas IX D SMPN 34 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar Kognitif; IPA; Model Problem Based Learning.Abstract
Pembelajaran IPA di kelas IX D SMP Negeri 34 Semarang belum optimal karena siswa mengalami kesulitan mempelajari konsep yang abstrak, model dan metode yang diterapkan masih belum sesuai, dan pembelajaran masih berorientasi pada guru. Hasil observasi menunjukkan hasil belajar kognitif IPA siswa masih rendah pada materi Bioteknologi yaitu materi pelajaran sebelum saat dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPA siswa IX D SMP Negeri 34 Semarang dengan menerapkan model pembelajaran Project Base Learning (PBL). Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2024. Subjek penelitian ini siswa kelas IX D SMP Negeri 34 Semarang yang berjumlah sebanyak 33 siswa terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes pada siklus I dan siklus II. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini adalah pencapaian nilai rata-rata kelas pada pra siklus adalah 72,12; pada siklus 1 adalah 74,30 sedangkan pada siklus 2 adalah 84,54. Pencapaian persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus yang awalnya hanya 51,51%, pada siklus 1 meningkat menjadi 63,63% dan pada siklus 2 mencapai 87,8%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siwa kelas IX D SMPN 34 Semarang pada semester II tahun pelajaran 2023/2024.