Upaya Peningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match pada Materi Unsur, Senyawa dan Campuran Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang
Keywords:
cooperative learning; make a match; unsur, senyawa dan campuran.Abstract
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model cooperative learning tipe make a match dilaksanakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus masing – masing 2 pertemuan di setiap siklusnya. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melaksanakan observasi untuk mengetahui keadaan kelas dan peserta didik. Penelitian ini menerapkan pendekatan student centred learning dengan subjek penelitian 31 peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 25 Semarang pada materi unsur, senyawa dan campuran. Pada penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar pada siklus I dari 29,03% menjadi 61,29% dan pada siklus II ketuntasan menjadi 74,19%. Pada penelitian ini membahas secara kuantitatif dan kualitatif dalam mendukung peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik.