Penerapan Video Edukasi Berpendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran
Keywords:
Motivasi Belajar; Video Edukasi; Unsur, Senyawa, dan Campuran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan video edukasi berpendekatan Culturally Rasponsive Teaching (CRT) pada materi Unsur Senyawa dan Campuran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengukur peningkatan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi, pengumpulan data motivasi belajar siswa berpedoaman pada model ARCS oleh John Keller mencakup empat komponen yaitu Attention (perhatian), Relevance materi yang berkaitan dengan siswa), convidence (percaya diri) dan Satisfaction (kepuasan). Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pengisian angket pada siklus I dan siklus II, hasil perhitungan data diperoleh hasil sebesar 78% pada siklus II berkategori tinggi, dibandingkan hasil siklus I yang hanya 59% dengan kategori rendah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa video edukasi berpendekatan Culturally Rasponsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan motivsi belajar kognitif siswa pada materi Unsur Senyawa dan Campuran.