Tinjauan Penggunaan Lab Online pada Mata Pelajaran IPA
Keywords:
Lab online, PhET, praktikum online, simulasi.Abstract
Semenjak terjadinya pandemi Covid-19 penggunaannya dan pengenalan laboratirium online lebih efektif dariapada saat sebelum pandemi. Pemerintah juga telah membuat MAYA sebagai alat media guru untuk dapat melakukan praktikum melalui online. Namun lab MAYA hanya terbatas pada materi tertentu, sehingga digunakan PhET. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi dari penggunaan laboratorium online pada PhET simulations khususnya materi listrik dalam membantu penilaian pada aspek keterampilan/psikomotor. Penggunaan metode deskriptif-kuantitatif pada penelitian ini bertujuan agar penulis lebih fokus dalam tujuan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laboratorium online membantu guru dalam menyiapkan nilai psikomotor siswa. Hal ini didukung dengan analisis data yang menunjukkan bahwa laboratorium online memiliki tingkat efisien sebesar 75% dalam penilaian psikomotor. PhET simulations sebagai salah satu laboratorium online dalam hal ini memiliki tingkat efisiensi sebagai alat bantu untuk praktikum dimasa pandemic seperti saat ini. Sebanyak 65% siswa memberikan penilaian dengan kategori sangat menyenangkan pada angket penilaian oleh siswa. Akan tetapi, laboratorium online tidak dapat memberikan pengalaman belajar seperti yang didapat saat menggunakan alat laboratorium yang sesungguhnya.