Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 43 Semarang pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Tri Widiyaningsih PPG Prajabatan, Universitas Negeri Semarang
  • Rina Rahmayani SMP Negeri 43 Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Ekologi dan Keanekaragaman Hayati; kemampuan berpikir kritis; Problem Based Learning.

Abstract

Pada abad ke-21, salah satu keterampilan yang harus dikuasai peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 43 Semarang di kelas VII pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D semester genap di SMP Negeri 43 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada 34 peserta didik melalui tes formatif di siklus I peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi sebanyak 17,6%, sedang sebanyak 38,2%, rendah sebanyak 41,2% dan sangat rendah sebanyak 2,9%. Pada siklus II kemampuan kritis sangat tinggi sebanyak 20,6%, tinggi sebanyak 58,8%, sedang sebanyak 17,6% dan rendah sebanyak 2,9% dengan hasil kategori kritis tinggi sudah mencapai 79,4%. Melalui lembar observasi, hasil pada siklus I rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik menunjukkan persentase sebesar 50,2% berkategori sedang, sedangkan pada siklus II naik menjadi 77,4% dengan kategori tinggi. Sejalan dengan itu, respon peserta didik melalui angket kemampuan berpikir kritis rata-rata dari siklus I ke siklus II juga meningkat dari kategori tinggi ke sangat tinggi. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII D semester genap di SMP Negeri 43 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles