Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII

Authors

  • Nur Cahya Anggita Maharani Universitas Negeri Semarang
  • Endang Susilowati SMP Negeri 32 Semarang
  • Ellianawati Ellianawati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan Abad 21; Keterampilan Kolaborasi; Two Stay Two Stray.

Abstract

Rendahnya keterampilan kolaborasi peserta didik merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada pembelajaran IPA di sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di SMP Negeri 32 Semarang ditemukan keterampilan kolaborasi yang tergolong rendah yang disebabkan kurangnya pembelajaran berbasis diskusi dan penugasan kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 32 Semarang pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian yaitu kelas VII-I yang berjumlah 32 peserta didik. Data penelitian diambil menggunakan lembar observasi keterampilan kolaborasi peserta didik dan lembar penilaian teman sejawat. Kemudian, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan data rata-rata nilai keterampilan kolaborasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi kenaikan rata-rata nilai disetiap siklusnya. Nilai rata-rata kondisi awal peserta didik yaitu 39,66 dengan kriteria tingkat kolaborasi rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 76,80 dengan kriteria tingkat kolaborasi tinggi. Pada siklus II terjadi peningkatan kembali menjadi 81,91 dengan kriteria tingkat kolaborasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji N-Gain, diperoleh peningkatan pada pra siklus ke siklus I sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Selanjutnya pada siklus I ke siklus II diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,22 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles