Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII SMP Negeri 40 Semarang
Keywords:
Ekologi dan keanekaragaman hayati, Keaktifan siswa, Teams Game Tournament.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G di SMP Negeri 40 Semarang yang terdiri dari 34 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisinoner dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif secara presentase. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian: Pada siklus I keaktifan belajar siswa diketahui sebesar 66,45% dengan kategori sudah baik, kemudian pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat yaitu sebesar 83.20% dengan kategori sangat baik. Perihal ini juga dikuatkan oleh hasil pengisian angket dengan perolehan pada siklus I sebesar 70,17 kemudian pada pengisian angket siklus II yaitu sebesar 84.32%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII G di SMP Negeri 40 Semarang.