Penerapan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Kelas VII I SMP Negeri 15 Semarang

Authors

  • Faradiba Desy Aulia PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Suhartono Suhartono SMP Negeri 15 Semarang
  • Arif Widyatmoko Universitas Negeri Semarang

Keywords:

E-LKPD; Kolaborasi; Komunikasi: Penelitian Tindakan Kelas; Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari keterampilan kolaborasi dan komunikasi yang masih rendah di kelas VII I SMP Negeri 15 Semarang. Padahal kemampuan kolaborasi dan komunikasi sangat penting. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik melalui penerapan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 34 peserta didik kelas VII I semester II tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan PTK model spiral dari Kemmis dan MC Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning snagt layak digunakan dalam pembelajaran. Penerapan E-LKPD ini memberikan peningkatan keterampilan kolaborasi pada siklus 1 sebesar 76.83% dan siklus 2 sebesar 88.23% dengan analisis n-gain siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0.492 (kategori sedang). Serta ada peningkatan keterampilan komunikasi pada siklus 1 sebesar 74.44% dan siklus 2 sebesar 87.86% dengan analisis n-gain siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0.525 (kategori sedang). Dengan demikian, penerapan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas VII I di SMP Negeri 15 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles