Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Kelas 9D SMP Negeri 41 Kota Semarang pada Mata Pelajaran IPA
Keywords:
Critical Thinking, Problem Based Learning, Mata Pelajaran IPA.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Problem Based Learning pada kelas 9D SMP Negeri 41 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis penelitian ini terdiri atas empat komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) aksi/tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning meningkatkan kemampuan critical thinking siswa kelas 9D SMP Negeri 41 Kota Semarang pada mata pelajaran IPA dengan ketuntasan kemampuan berpikir siswa melebihi batas 75% meliputi (1) bertanya dan menjawab pertanyaan yang menantang serta membutuhkan penjelasan, (2) mengobservasi serta mempertimbangkan hasil observasi, (3) menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, (4) mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan suatu definisi, dan (5) menentukan suatu tindakan.