Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Discovery Learning Berbantu Wordwall Kelas VIIIG SMP Negeri 17 Semarang

Authors

  • Hana Novitasari Universitas Negeri Semarang
  • Martha Sadiyati SMP Negeri 17 Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

DL, Pemahaman Konsep IPA, Wordwall, PTK.

Abstract

Penelitian ini merupakan (PTK) yang dilatarbelakangi dari hasil peneliti mengobservasi dan merefleksikan pembelajaran yang mengacu pada indikator pemahaman konsep IPA siswa yang masih rendah di SMP Negeri 17 Semarang sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah dan ketercapaian tujuannya juga menjadi rendah. Oleh karena itu guru berinsiatif menerapkan inovasi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantu media wordwall. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan juga berupa tes kognitif. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas dan lembar soal kognitif untuk mengukur hasil belajar pemahaman konsep IPA dengan menggunakan soal uraian sebanyak 8 butir. Penelitian ini dilaksanakan dari mulai pra siklus kemudian siklus 1 dan diakhiri dengan siklus 2 dengan urutan alurnya yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil dari tes ini nantinya akan dikaji menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Setelah melakukan penelitian pada siklus I didapatkan bahwa hasil ketuntasan siswa yang berhasil mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 75 berjumlah 22 siswa atau (68,75%) sedangkan siswa yang belum tuntas ada 10 siswa atau (31,25%). Kemudian pada siklus II yang merupakan lajutan dari hasil refleksi siklus I dengan hasil ketuntasan siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM 75 berjumlah 28 siswa atau (87,5%) dan yang belum mencapai KKM ada 4 siswa atau (12,5%). Dari hasil pra siklus sampai siklus II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning (DL) berbantu wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari segi pemahaman konsep IPA di kelas VIIIG di SMP Negeri 17 Semarang yang dapat dilihat dari nilai tes kognitif pemahaman konsep IPA siswa pada materi unsur, senyawa, campuran. Berdasarkan dari hasil PTK diatas maka penggunaan model discovery learning (DL) yang berbantu wordwall dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles