Peningkatan Pemahaman IPA Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 17 Semarang Melalui Model Discovery Learning
Keywords:
Discovery Learning; Pemahaman IPA; Penelitian Tindakan Kelas.Abstract
Pemahaman yang baik terhadap suatu materi mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik di kelas IX F SMP Negeri 17 Semarang pada tingkat pemahaman terhadap materi masih kurang dan belum menguasai dengan maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman IPA peserta didik menggunakan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman IPA peserta didik kelas IX F SMP Negeri 17 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 khususnya pada materi Bioteknologi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil analisis data berdasarkan uji N-Gain sebesar 0,29 pada siklus I meningkat sebesar 0,57 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman IPA peserta didik.