Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Alat Peraga Visual Siswa Kelas Vii D SMP Negeri 38 Semarang

Authors

  • Salafudin Salafudin Universitas Negeri Semarang
  • Partini Partini SMP Negeri 38 Semarang
  • Sri Ngabekti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Alat Peraga Visual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi tata surya dengan alat peraga visual pada siswa kelas VIID SMPN 38 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas melalui tiga siklus, setiap siklusmemiliki empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIID SMPN 38 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian meliputi modul ajar, lembar pretest siswa, lembar posttest siswa dan tes evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Hasil penelitian memaparkan alat peraga visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Tata Surya pada siswa kelas VIID SMPN 38 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 24,87%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 65,76% siswa tuntas belajar, Siklus II 90,63%, siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas belajar pada Siklus II akan diberikan tutorial tentang materi pelajaran, latihan soal, dan ujian mandiri yang didampingi oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar. Sedangkan dari perolehan nilai rata-rata menunjukan peningkatan tiap siklusnya, yaitu pada siklus I sebesar 66,76 dan siklus II sebesar 78,09.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles