Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning di Kelas VII D SMP Negeri 22 Semarang
Keywords:
Aktivitas Belajar, Keaktifan, TaRL, Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) pada kelas VII D SMP Negeri 22 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek seluruh peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 33 siswa. Penelitian dilakukan 3 tahapan, yaitu prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi keaktifan dan angket aktivitas belajar peserta didik. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Analisis data dilakukan setiap selesai melakukan siklus. Analisis data dijadikan refleksi pembelajaran siklus yang diperbaiki pada diklus selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL pada materi Ekosistem kelas VII D SMP Negeri 22 Semarang dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang dapat dilihat dari hasil observasi keaktifan dan analisis angket aktivitas belajar peserta didik. Keaktifan peserta didik meningkat sekitar 13 - 17% dan aktivitas belajar berdasarkan angket mengalami peningkatan sebesar 10 peserta didik tergolong sangat aktif mengikuti pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik kelas VII D SMP Negeri 22 Semarang meningkat dengan pembelajaran PBL.