Penerapan Problem Based Learning Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik SMP

Authors

  • Aidah Wuryaningtyas Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang
  • Dyah Purwaningrum SMP Negeri 2 Semarang
  • Parmin Parmin Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Diferensiasi, Problem Based Learning, PTK .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar kognitif dan kolaborasi peserta didik SMP dalam model Problem Based Learning menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dalam peembelajaran IPA yakni zat aditif dan zat adiktif. Hasil analisis, model Problem Based Learning menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mendukung hasil belajar kognitif dan kemampuan kolaborasi peserta didik SMP. Data yang diperoleh yakni berupa hasil belajar kognitif setelah dilaksanakannya problem based learning berdiferensiasi selama siklus 1 yakni 66% peserta didik yang tuntas, siklus ke-2 ketuntasan peserta didik adalah 88%. Sedangkan untuk capaian kolaborasi yang terdiri dari dari enam aspek. Aspek tersebut adalah kontribusi, menejemen waktu, pemecahan masalah, bekerja dengan orang lain, teknik penyelidikan, dan presentasi kelompok. Penelitian berhasil diterapkan pada kemampuan kolaborasi dibuktikan dengan nilai kolaborasi peserta didik dalam setiap aspek memenuhi kriteria indikator di atas 70% atau dalam kategori baik.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles