Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Tarl Bermedia Papan Permainan Untuk Meningkatkan Keaktifan Kelas VIII F SMPN 35 Semarang

Authors

  • Pratista Nur Lituhayu Universitas Negeri Semarang
  • Sudarmin Sudarmin Universitas Negeri Semarang
  • Anjar Widianingrum SMP Negeri 35 Semarang

Keywords:

TaRL; Papan permainan; Keaktifan Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode permainan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII F SMP N 35 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis TaRL dengan berbantuan media papan permainan monopoli dan domino pada materi unsur dan senyawa. Penelitian dilaksanakan dari bulan Februari hingga Maret 2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 (dua) tahapan siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan-kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas VIII F dengan 32 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan nontes berupa lembar observasi, angket dan dokumentasi dari kegiatan pembelajaran dengan media papan permaianan di setiap siklus pada langkah-langkah model discovery learning. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif. Hasil penilitian menunjukkan setiap variabel keaktifan belajar meliputi kegiatan visual 85%, kegiatan lisan 67%, kegiatan mendengarkan 80% dan kegiatan 80%. Masing-masing variabel sudah mencapai minimal indikator keaktifan ≥ 65% pada siklus II dengan kriteria baik.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles