Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa IPA SMP Kelas 7

Authors

  • Arneta Sabella Kusumaningrum PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Supeni Supeni SMP Negeri 4 Semarang
  • Sri Sukaesih Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Berfikir Kritis; Hasil Belajar Kognitif; Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa melalui pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan dalam dua siklus pembelajaran. Satu siklus terdiri dari (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Setiap Tindakan terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Febuari-Maret 2024. Subyek penelitiannya adalah 34 siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Semarang. Hasil kemampuan berfikir kritis diukur dengan tes, kuisioner dan didukung dokumentasi hasil observasi selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kiritis dan hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil pra siklus ditunjukkan kemampuan berfikir kritis 46% pada siklus I sebesar 68,3% meningkat menjadi 88,3% yang termasuk kategori tinggi. Rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 73,4 meningkat menjadi 90,8 pada siklus II. Hal tersebut telah mencapai batas KKM 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran yang membuat siswa lebih nyaman dan tertarik dalam proses pembelajaran agar hasil belajar peserta didik meningkat.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles