Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII SMP

Authors

  • Novita Hawsari Aswanti PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Agus Sunarso SMP Negeri 31 Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan Kolaborasi, Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Penelitian Tindakan Kelas.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya keterampilan kolaborasi peserta didik yang ditunjukkan melalui hasil observasi pembelajaran IPA di kelas VIII B SMP Negeri 31 Semarang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik melalui implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran IPA di kelas VIII B di SMP Negeri 31 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Setiap siklus menggunakan prosedur penelitian dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri empat fase kegiatan, meliputi perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 31 Semarang yang berjumlah 31. Instrumen pengambilan data terdiri dari lembar observasi keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif (%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan presentase nilai rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik, pada pra siklus diperoleh data rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 38,96% dengan kriteria rendah, pada siklus I diperoleh data rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 64,54% dengan kriteria tinggi dan pada siklus II diperoleh data rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 81,87% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas VIII B SMP Negeri 31 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles