Pemanfaatan Model Pembelajaran Inquiry Berbantu Window Shopping untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Kelas VII Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati
Keywords:
eterampilan Komunikasi, Inquiry, Window Shopping.Abstract
Pembelajaran model inkuiri dirancang dengan memadukan window shopping pada materi ekologi dan keaekaragaman hayati dengan harapan siswa mendapatkan pengalaman bermakna selama pembelajaran. Tujuan peneltian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran inkuiriberbantu window shopping untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas observasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Data penelitan berupa lembar observasi penilaian keterampilan komunikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif antar siklus. Hasil penelitiann ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan komunikasi siklus 1 sebesar 39,5% dan siklus II sebesar 66,9% dengan peninkatan penilaian N-Gain sebesar 0,45 kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri berbantu window shopping dapat meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik materi ekologi dan keanekaragaman hayati dikelas VII H SMPN 35 Semarang.