Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IXF Materi Bioteknologi Melalui Pjbl-Market Place Activity di SMPN 5 Semarang
Keywords:
Bioteknologi; IPA; Keaktifan Belajar; project based learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan tingkat keterlibatan belajar peserta didik di kelas IXF pada mata pelajaran IPA dengan fokus pada topik Bioteknologi, menggunakan metode pembelajaran project based learning berbantuan market place activity di SMP Negeri 5 Semarang. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Semarang pada semester kedua tahun ajaran 2023-2024, dengan subjek penelitian adalah kelas IXF yang terdiri dari 31 peserta didik. Berdasarkan analsis pada asesmen awal peserta didik terhadap ketertarikan dalam pelajaran IPA terdapat 29% peserta didik yang tertarik. Hal tersebut berpengaruh terhadap partisipasi peserta didik dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas. Hasil temuan tersebut dikonfirmasi oleh guru pamong pada kegiatan wawancara singkat yang menyatakan bahwa kelas IXF kurang aktif dalam pelajaran IPA. Kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran IPA diperkuat oleh hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dan mendaaptkan hasil keaktifan belajar sebesar 47,58 % yang berarti rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi secara berulang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini bersifat kualitatif, diperoleh dari hasil observasi tingkat keterlibatan peserta didik selama pembelajaran. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan peningkatan rata-rata tingkat keterlibatan peserta didik sebesar 27,74 %, dari siklus I dengan rata-rata 57,58 % dalam kategori penilaian sedang, meningkat menjadi 85,35 % pada siklus II dengan kategori penilaian sangat tinggi.