Peningkatan Kemampuan Komunikasi Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di Kelas VIII SMP
Keywords:
IPA; Kemampuan; Komunikasi; Masalah.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah dalam proses pembelajan yakni peserta didik kurang aktif berkomunikasi. Selain itu, guru mendominasi pembelajaran di kelas daripada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengkaji peningkatan kemampuan komunikasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di kelas VIII SMP. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 20 Semarang tahun ajar 2023/2024 yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis and Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan diantaranya perencanan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dari Miles and Hubberman, yang diakumulasikan menjadi persentase rata-rata. Hasil kemampuan komunikasi peserta didik pada siklus I menunjukkan persentase 56% dengan kategori cukup dan pada siklus II menunjukkan persentase 76,5% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi peserta didik mengalami peningkatan.