Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX-B Melalui Penerapan Model PjBL Materi Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
Keywords:
Motivasi Belajar; Project Based Learning (PjBL); Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas IXB melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) materi tanah dan keberlangsungan kehidupan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-B SMP N 38 Semarang dengan jumlah keseluruhan 32 peserta didik dengan 18 laki- laki dan 14 perempuan. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran materi tanah dan keberlangsungan kehidupan dengan menerapkan model PjBL. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar peserta didik adalah metode kuesioner. Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data dalam penelitian. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan format respon empat poin untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik, selain itu digunakan instrumen soal untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model PjBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX-B SMP N 38 Semarang pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan. Terbukti dari hasil analisis angket siklus I menunjukkan rata- rata 76% dengan kategori baik dan pada siklus II menunjukkan rata- rata 84% dengan kategori baik.