PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII C SMP NEGERI 4 SEMARANG
Keywords:
Berpikir Kritis; Problem Based Learning; Pembelajaran IPA .Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang dilaksanakan prasiklus dan 2 siklus. Setiap siklus diadakan 2 pertemuan dan terdiri dari 4 tahap. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan temuan pada siklus I diperoleh hasil persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik pertemuan 1 sebesar 77% (Cukup kritis) dan pertemuan 2 sebesar 79% (Cukup Kritis). Pada siklus II diperoleh hasil persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik pertemuan 1 sebesar 87% (Kritis) dan pertemuan 2 sebesar 89% (Kritis). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan model Problem Based Learning.