Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Memanfaatkan Media Bergambar dengan Pendekatan TaRL Kelas VII-A SMPN 42 Semarang

Authors

  • Tesla Fadli Raharja Universitas Negeri Semarang
  • Endah Peniati Universitas Negeri Semarang
  • Indarto Indarto SMP Negeri 42 Semarang

Keywords:

Keaktifan, media bergambar, Teaching at The Right Level.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan kepada 34 peserta didik kelas VII-A di SMP Negeri 42 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024, dikarenakan keaktifan peserta didik yang rendah di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media bergambar dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Penelitian ini memiliki tiga kegiatan, yaitu prasiklus sebanyak 1 pertemuan dan 2 siklus yang tiap siklusnya sebanyak 2 kali pertemuan. Pada kegiatan pra-siklus dilakukan pengamatan awal keaktifan peserta didik sebelum diberikan pembelajaran dengan memanfaatkan media bergambar, dan tes diagnostik kognitif untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya. Pada kegiatan siklus dilaksanakan pembelajaran menggunakan media bergambar untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan peserta didik dari siklus 1 persentase keaktifan sebesar 54,47%, dan mengalami peningkatan di siklus 2 dengan persentase keaktifan sebesar 77,68%. Penggunaan media bergambar dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 42 Semarang tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles