Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 26 Semarang

Authors

  • Yoris UNNES
  • Muzayyinatin Nihriya Universitas Negeri Semarang
  • Fidia Fibriana Universitas Negeri Semarang
  • Triwinarni Triwinarni SMP Negeri 26 Semarang

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas; Team Games Tournament (TGT); Keaktifan Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas VII D SMP Negeri 26 Semarang. Teknik pengumpulan data melalui non tes. Teknik analisis data meliputi analisis lembar observasi keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena hasil aktivitas peserta didik mencapai 94,12% jumlah peserta didik kelas VII D dengan predikat “Sangat Aktif” karena berada pada interval 76%<P< 100%.

Author Biography

Yoris UNNES

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles