Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VII H SMP Negeri 23 Semarang Tahun 2024

Authors

  • Lisna Amalia Afni Agustina Universitas Negeri Semarang
  • Mubarok Mubarok SMP Negeri 23 Semarang
  • Risa Dwita Hardianti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

keterampilan proses sains, problem based learning, ekologi dan keanekaragaman hayati.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains materi ekologi dan keanekaragaman hayati melalui model problem based learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII.H SMP N 23 Semarang pada semester genap tahun 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 1 siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data yang didapatkan dari penelitian ini diperoleh dari guru dan siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi pada LKPD. Data yang dikumpulkan di analisis dengan uji analisis T Paired sample test. Indikator keterampilan proses sains yang diberikan meliputi Mengobservasi, Mengklasifikasikan, Memprediksi, Menginterpretasikan dan Mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil analisis T paired samples test diketahui nilai signifikan kurang dari 0,05. Menunjukkan perbedaan presentase antara hasil keterampilan proses sains pra siklus dan siklus 1 di kelas VII.H dari pra-siklus terhadap siklus 1 menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hasil presentase yang diperoleh dari pra-siklus yaitu 12% sedangkan presentase pada siklus 1 yaitu 73%. Peningkatan dari prasiklus terhadap siklus 1 yaitu sebanyak 61%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan proses sains dari pra-siklus terhadap siklus 1 menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles