Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII pada Materi Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Bermain Peran (Roleplaying)
Keywords:
Ekosistem; Kreativitas; Role Playing; Bermain peran.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII pada materi ekosistem melalui model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Tindakan, (3) Observasi (4) Refleksi. Peneliti bertindak sebagai guru yang memberikan tindakan kelas, sedangkan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semarang sebagai subjek utama penerima tindakan. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, komunikasi langsung, studi dokumenter, dan tes hasil belajar. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui tingkat partisipasi siswa selama pembelajaran berlangsung. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. Teknik dokumentasi mengetahui serangkaian kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis persentasi. Data diperoleh dari hasil nilai tes dan observasi produk yang dihasilkan siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Persentase kreativitas peserta didik pada siklus 1 yaitu 53,5%. Persentase meningkat pada siklus 2 menjadi 94,5 %. Artinya, penerapan Model bermain peran (Role Playing) meningkatkan ketuntasan klasikal siswa Kelas VII C di SMP Negeri 1 Semarang.