Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII C SMP N 9 Semarang Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Struktur Bumi dan Perubahannya
Keywords:
Ketrampilan; Berpikir Kreatif; Project based Learning.Abstract
Pada panel ini dilakukan penelitian tindakan kelas berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada kelas VIII C SMP N 9 Semarang tahun ajaran 2023/2024, ketrampilan berpikir kreatif peserta didik hanya mencapai 43,13% yang masih tergolong rendah. Padahal, pendidikan abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki ketrampilan 4C (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Comunication) agar mampu bersaing dengan perkembangan teknologi serta mampu mempertahankan eksistensinya di tengah kemajuan mesin dan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran sebagai fasilitas untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif peserta didik yaitu dengan model pembelajaran Project based Learning. Dipilihnya model pembelajaran ini berdasarkan hasil dari asesmen diagnostik nonkognitif. Sebanyak 46,8% memiliki gaya belajar kinestetik, 40,6% gaya belajar visual dan sisanya auditori. Serta didukung hasil refleksi pembelajaran sebelumnya 56,7% peserta didik menyarankan kegiatan praktik tidak hanya teori. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisis data dilakukan dengan uji N-gain dan presentase ketuntasan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan dengan hasil uji N-gain 0,44 dengan kriteria sedang. Kemudian dilakukan evaluasi pada siklus II dan peserta didik mengalami peningkatkan dengan hasil uji N-gain sebesar 0,81 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil uji N-gain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project based Learning mampu meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif peserta didik Kelas VIII C SMP N 9 Semarang, tahun ajaran 2023/2024.