Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Games untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Umrotul Muna Universitas Negeri Semarang
  • Supardjo Supardjo SMP Negeri 44 Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Aktivitas belajar siswa; Games; IPA; Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 44 Semarang dengan menggunakan model problem berbasis learning berbantuan games pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan penelitian tindakan kelas ini ada empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas IXA SMP Negeri 44 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil pengamatan awal terhadap aktivitas belajar siswa yaitu 57,38%, kategori kurang aktif. Hasil pengamatan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 67,38%, kategori cukup aktif. Hasil pengamatan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 80,24%, kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuann games dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 44 Semarang pada pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles