Pendekatan TaRL melalui Tutor Sebaya untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IXB SMP Negeri 7 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar Kognitif ; Metode Tutor Sebaya ; Teaching at the Right Level.Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IXB SMP Negeri 7 Semarang dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) melalui metode tutor sebaya pada pembelajaran IPA tepatnya pada materi Partikel Penyusun Benda. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang diawali dengan kegiatan pra siklus untuk mengetahui kemampuan kognitif sebelum penerapan pendekatan TaRL melalui metode tutor sebaya. Beberapa tahap yang perlu dilaksanakan pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada 32 peserta diidk di kelas IXB SMP Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penerapan pendekatan dan metode tersebut dilakukan pada siklus 1 dan siklus 2 yang terdiri dari dua pertemuan pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada tahap pra siklus dilaksanakan asesmen diagnostik kognitif, dan hasil wawancara dengan guru pamong, kemudian pada siklus 1 dan siklus 2 menggunakan tes kognitif pada setiap akhir pertemuan siklus. Dengan metode tutor sebaya yaitu sebagai upaya membantu teman yang lain dalam memahami pelajaran IPA serta meningkatkan hasil belajar peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif rendah dan sedang. Hasil penerapan pendekatan TaRL melalui metode tutor sebaya yang semula rata – rata nilai dan persentase ketuntasan pada kegiatan pra siklus yaitu 59,06 (43%), meningkat pada siklus 1 yaitu 72,72 (72%), dan pada siklus 2 yaitu 81,74 (93%). Hasil penelitian tersebut sebagai bukti bahwa penerapan pendekatan TaRL melalui metode tutor sebaya merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dapat dimanfaatkan oleh guru, sekolah dan peneliti lain.