Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Problem Based Learning Materi Bioteknologi Kelas IXC SMP N 44 Semarang
Keywords:
Bioteknologi; Keterampilan kolaborasi; Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IXC SMP N 44 Semarang melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IXC SMP N 44 Semarang yang terdiri dari 31 peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata keterampilan kolaborasi peserta didik pada prasiklus sebesar 35,08% dengan kategori kurang. Pada siklus I diperoleh keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 62,1% dengan kategori baik dan meningkat menjadi 83,2% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IXC SMP N 44 Semarang pada materi bioteknologi.