Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar pada Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 1 Semarang

Authors

  • Agustina Alverasima Nugraheni Universitas Negeri Semarang
  • Agust Winarno SMP Negeri 1 Semarang
  • Fidia Fibriana Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kreativitas; Problem Based Learning.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi Bumi dan Tata Surya melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Ruang lingkup materi penelitian ini adalah Bumi dan Tata Surya. Metode pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dua siklus pembelajaran. Masing-masing siklus meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Subjek Penelitian adalah 35 siswa Kelas VII H SMP Negeri 1 Semarang. Data diperoleh dari hasil nilai tes dan observasi produk hasil belajar siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Persentase kreativitas peserta didik pada siklus 1 yaitu 51,8 %. Persentase meningkat pada siklus 2 menjadi 80,6 %. Artinya, penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan ketuntasan klasikal siswa Kelas VII H di SMP Negeri 1 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles